Saya Yang Suka Mistis

Waktu awal-awal masuk kuliah (tahun 10 sebelum masehi), saya itu suka sama hal-hal yang berbau mistis. Entah kenapa, rasanya selalu aja ada yang bikin saya penasaran. Terlebih ketika waktu itu, di kaskus, saya nemu thread tentang Cerita Seram Unpad Jatinangor. Saya baca tuh tiap cerita yang ada di sana. Bahkan cerita yang belum direkap (dikumpulin dalam 1 post atau halaman), saya yang ngerekapin. Akhirnya, jadi kenal deh sama si TS (thread starter)nya, teh Nia, Sastra Jepang 2006.

Karena ibaratnya dulu udah lumayan khatam lah sama cerita-cerita serem di Unpad Jatinangor, ada dorongan buat ngebuktiin cerita tersebut, atau minimal sekedar ngerasain suasana tempat angker di Unpad. Pengalaman pertama itu waktu pas banget selesai PMB Fakultas. Jadi, pas hari terakhir PMB, pas penutupan acaranya ngaret tuh sampai jam setengah 6 sore. Karena tanggung bentar lagi mau maghrib, saya ga langsung pulang, melainkan magriban dulu di mushala Fakultas. Nah pas abis maghrib, saya iseng tuh sendirian muter-muter lantai 2 gedung PSBJ.

Saya waktu itu mau ngetes mitos yg bilang kalau kamu ngintip ke kaca perpustakaan Jepang, nanti ada wajah yang nongol ngintip juga. Setelah mengumpulkan nyali, saya memberanikan diri buat ngintip ke kaca perpustakaan, dan ga ada apa-apa. Akhirnya saya lanjut ngambil foto suasana gelap PSBJ make kamera HP. Pas lagi jeprat-jepret, eh tiba-tiba ketauan sama Pendamping Kelompok “Eh itu ngapain mabanya si Ochan (PK saya) di lantai 2 PSBJ? Kamu ngapain di sana?” Ternyata masih banyak panitia yg berkeliaran, soalnya mau sesi evaluasi. Akhirnya Ketuplak acara PMB nelepon PK saya buat nyuruh saya turun dan pulang. Koor Tatib waktu itu (si Dika yg rambutnya masih gondrong) nyuruh satu orang PK (si Artho kalau ga salah) buat nganter saya sampai gerlam untuk memastikan bahwa saya pulang dan ga balik lagi buat macem-macem. Pas sampai kosan, saya ngecek foto yg saya ambil waktu di PSBJ. Ternyata, ada foto yg lumayan ngeri juga hehe..

(bersambung kapan-kapan)

Ada Yang Punya Hobi Yang Sama Dengan Hobi Saya Kah?

Nonton Masih Dunia Lain (Live) mengingatkan saya pada hobi saya waktu masih berstatus mahasiswa angkatan muda. Dulu saya memang hobi menguji nyali saya ke daerah di sekitar kampus yang emang ceritanya sih serem-serem. Jujur aja dulu saya bukan orang yang termasuk berani, malah bisa dibilang penakut. Dulu tuh saya suka parno sendiri kalo lagi nonton tv malem-malem di rumah. Saya suka parno kalo suatu saat ada sosok yang turun dari tangga rumah (rumah saya 2 tingkat), atau ada yang tiba-tiba menegur dari ruang tamu yang memang kalo malam lampunya selalu dimatiin. Tapi, walaupun saya tergolong penakut, saya sangat tertarik sekali dengan dunia mistis. Saya suka buka-buka situs web yang serem-serem, ngeliat gambar setan, baca cerita serem, maen ke forum supranatural di Kaskus, dll.

Semua berubah sejak saya lulus SMA dan memutuskan kuliah di Unpad ini. Saya yang tadinya penakut, jadi lebih berani untuk berhadapan dengan makhluk dari dunia lain. Awalnya memang dari rasa penasaran saya yang gak terbendung terhadap dunia gaib. Dimulai waktu semester satu kuliah saya nemu sama salah satu thread di kaskus yang judulnya kumpulan cerita seram Unpad Jatinangor yang kemudian saya ikut terlibat dalam perekapan setiap cerita yang ada di saya. Saya ngebantuin TS-nya waktu itu, teh Nia, dari Sastra Jepang 2006 untuk ngerekap cerita yang dibagikan oleh kaskuser di sana biar gampang buat di baca. Karena saya yang ngerekap, mau ga mau saya jadi salah satu orang yang dulu paling lengkap banget pengetahuannya tentang cerita keangkeran dari kampus Unpad dan sekitarnya. Sayapun dulu gak sungkan untuk menceritakan kembali cerita-cerita tersebut pada teman-teman kuliah saya yg lain yang memang penasaran juga sama hal-hal begituan.

Semakin saya tahu, semakin saya penasaran. Dari yang tadinya penakut untuk terjun langsung, saya sedikit demi sedikit mencoba berani untuk terjun langsung uji nyali, atau sekedar jalan-jalan malam ke tempat-tempat yang katanya angker yang ada di Unpad ini. Udah banyak tempat yang katanya angker di Unpad yang saya sambangi. Mulai dari Kantin FISIP, Kampus Keperawatan, FIKOM, Pertanian (yang katanya ada kuntilanak merahnya), Kampus FISIKA, Lapangan Merah, Hutan Arboretum (yang katanya ada kepala buntung), jalan UKM barat dan depan FISIP (yang katanya banyak pocongnya), PEDCA, Bale Santika, Depan Gor Pakuan, Jembatan Cincin, Kuburan Cincin, Kampus Sastra dan PSBJ (wah kalo ini sih udah paling khatam banget deh hehe), dan lain-lain. Sendiri atau banyakan saya pernah. Rata-rata sih saya jalan di atas jam 9 malam dan pernah sampai jam 3 subuh. Kalo dibilang takut sih ya pasti takut, cuma ya mau gimana lagi, kalo udah penasaran sih ya sikat aja deh. Tidak sedikit juga hal pengalaman menarik yang saya dapatkan dari hobi saya yang satu ini terutama ketika tim wisata mistis Kaskus dateng ke Jatinangor, dan saya yang menjadi semacam tour guidenya gitu. Kalo cerita sekarang ga sanggup ah, udah malem, dan mau nonton Masih Dunia Lain, dan udah ngantuk juga sih. Mungkin lain waktu akan saya bagikan di sini pengalaman saya berwisata mistis ria di kampus Unpad. Selamat malam dan selamat beristirahat 🙂

Nb: By the way saya ngetik tulisan ini sambil nonton Masih Dunia Lain Trans TV. Kemajuan banget deh sekarang reality show ini udah ada yang versi Live-nya. Episode kali ini bertempat di sebuah gedung tua di Jakarta. Aktivitas makhluk gaibnya luar biasa banget, dan saya salut sama peserta uji nyali di sana, terutama sama peserta yang ke-3. Berani banget dia, empat jempol deh! Anyway, udah mulai nih sesi uji nyali yang ke-empat. Saya undur diri dulu ya mau nonton. Wassalam 🙂