Apa Yang Sedang Erdogan Lakukan Kepada Turki?

This slideshow requires JavaScript.

Sebenarnya apa sih yang sedang terjadi di Turki? Sejak kudeta Jumat kemarin, setidaknya pemerintah turki telah melakukan hal-hal berikut:

-More than 1,500 university deans have also been ordered to resign and the licences of 21,000 teachers working at private institutions revoked.
-6,000 military personnel have been arrested, with more than two dozen generals awaiting trial
-Nearly 9,000 police officers have been sacked
-Close to 3,000 judges have been suspended
-Some 1,500 employees of Turkey’s finance ministry have been dismissed
-492 have been fired from the Religious Affairs Directorate
-More than 250 staff in Mr Yildirim’s office have been removed
http://www.bbc.com/news/world-europe-36838347

bahkan, Erdogan masih akan “membersihkan” sampai 50.000 orang http://mobile.reuters.com/article/idUSKCN0ZX07S

Data di atas membuat saya heran. Kenapa? Karena:

1. Dari mana sebenarnya pemerintah Turki mendapat nama sebanyak puluhan ribu itu? PM Yildirin memang bilang bahwa mereka mempunyai dokumen detail terkait percobaan kudeta tapi tidak disebutkan sumbernya dari mana. Namun beberapa media menyebutkan bahwa dokumen tersebut ditemukan pemerintah setelah penangkapan Kolonel Kose sang tertuduh pemimpin kudeta.

2. Apabila pemerintah Turki mendapatkan dokumennya bukan sebelum melainkan setelah percobaan kudeta maka dipastikan bahwa pemerintah Turki gagal dalam menjaga keamanan dan ketahanan negaranya dalam kasus kudeta ini. Saya berkata demikian karena agaknya sangat aneh sekali bahwa pihak semacam badan keamanan atau intelejen Turki tidak bisa mengendus percobaan kudeta ini padahal orang yang diduga terlibat percobaan kudeta jumlahnya tidak sedikit, sampai puluhan ribu. Namun, saya yakin pihak keamanan dan intelejen Turki tidak sebodoh itu.

3. Dengan demikian, janggal sekali apabila kudeta yg melibatkan bukan satu dua orang ini tidak diketahui oleh pemerintah Turki sebelum terjadinya. Yang membuat heran lagi adalah apabila benar begitu, kenapa akhirnya kudeta ini dibiarkan meletus oleh pemerintah sampai timbul korban jiwa? Atau biar gak berlarut-larut yasudah lah anggap saja memang pemerintah Turki telah gagal mengamankan negaranya dalam kasus percobaan kudeta ini. Memang tidak bisa dibilang sepenuhnya gagal, karena pemerintah Turki bisa juga menggagalkan kudetanya. Yang mencoba mengkudeta tentu buruk, namun harus diingat juga bahwa pemerintah memiliki tugas untuk mengamankan negaranya dari segala ancaman dan gagal mendeteksi kudeta yg disokong belasan ribu orang sangatlah memalukan.

4. Pihak Gulen dan Erdogan saling menuduh satu sama lain sebagai dalang dari kudeta gagal ini. Hal ini tentu saja akan menimbulkan kekecewaan antara pendukung masing-masing tokoh. Erdogan dan Gullen adalah dua tokoh yang dielu-elukan oleh pengikutnya masing-masing sebagai tokoh yang berintegritas. Kedua tuduhan itu akan sangat kecil kemungkinannya benar dua-duanya. Saya rasa akan ada satu tuduhan yang salah, atau ke dua-duanya salah. Kalau ada satu tuduhan yang salah maka ada satu tokoh yang memfitnah tokoh lain. Kalau dua-duanya salah maka ke dua tokoh tersebut  pemfitnah. Tuduhan menjadi dalang pengkudeta adalah tuduhan yg sangat serius, bahkan dalam hukum Islam kudeta atau bhugot itu adalah sebuah kejahatan yang serius. Akhir dari kasus ini tak pelak akan menimbulkan kekecewaan bahwa ada yang berbohong di antara ke dua tokoh tersebut.

5. Keterlibatan belasan ribu orang dalam kudeta menimbulkan pertanyaan besar mengenai apa yang sebenarnya sudah pemerintahan Erdogan lakukan terhadap mereka sehingga mereka harus ikut terlibat kudeta. Tentu saja memang pendukung Erdogan jumlahnya banyak juga dan di Turki memang banyak faksi politiknya baik berdasar ideologi, agama, maupun suku. Namun tetap saja bikin heran, kok ada sih yang sampe ngebela-belain bikin kudeta? Udah diapain memangnya mereka oleh pemerintah? Kalau memang dibilang yang terlibat kudeta itu tidak sampai puluhan ribu, melainkan hanya segelintir elit-elit saja, yasudah tolong jangan sampai orang-orang yang katanya sampai berjumlah 50.000 orang itu jangan dikriminalisasi ya, Pak Erdogan.

Dan baru-baru ini WikiLeaks mengklaim punya dokumen email Erdogan terkait kudeta dan akan segera membukanya ke publik. Akan semakin menarik nih hehe

-Ridwan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s