Bicara Tentang Ospek dan Senioritas

ospksin

Dalam surat Al-A’raf ayat 11-18 diceritakan bahwa Allah swt. memerintahkan malaikat dan jin untuk sujud kepada nabi Adam as.. Seluruh malaikatpun bersujud tapi Iblis yang menolak untuk sujud (memberi penghormatan) kepada Adam as.. Iblis tidak mau sujud karena kesombongannya. Ia merasa bahwa dia lebih mulia karena tercipta dari api, sedangkan manusia dari tanah. Allah swt. pun marah kepada Iblis sehingga Iblis diusir diminta turun.

Dari firman-firman Allah swt di atas saya berpendapat bahwa Allah swt. tidak sedang mengajarkan konsep senioritas (senior selalu benar dan harus selalu dituruti dan dihormati). Malaikat lebih dulu diciptakan daripada jin (iblis) dan jin lebih dulu diciptakan daripada manusia. Kalau dilihat dari urutan dan usianya, manusia itu lebih junior daripada jin dan malaikat. Tapi kenapa kok Allah swt. menyuruh malaikat dan iblis yang lebih senior untuk memberi penghormatannya kepada Adam as.? Tentu saja jawabannya bukanlah karena faktor senioritas. Kalau jawabannya karena faktor senioritas pasti kejadiannya akan terbalik, Adam as. dan Jin lah yang diminta memberi sujud penghormatannya kepada malaikat.

Buya Hamka dalam tafsirnya menjelaskan bahwa Allah swt. memerintahkan malaikat dan Iblis untuk bersujud kepada Adam as. adalah untuk menguji ketaatan dan ketakwaan dari malaikat dan Iblis. Allah swt. ingin menguji seberapa takwa malaikat dan jin (iblis) kepada dirinya. Malaikat mau bersujud yang berarti mereka bertakwa. Namun, Iblis dengan kesombongannya menolak untuk sujud. Penolakan dan kesombongan Iblis adalah wujud dari ketidaktakwaan Iblis sehingga Allah swt. pun marah lalu mengusir Iblis dan akan memasukannya ke Jahannam.

Pelajaran yang dapat kita ambil adalah pertama bahwa Allah swt. mengajarkan kita bahwa merupakan hal yang baik bagi kita untuk menghormati mereka lebih muda dari kita. Ke dua, bahwa kesombongan adalah dosa besar yang mengundang murka Allah swt.. Bahkan apabila dalam hati kita ada kesombongan sebesar biji sawi saja maka tidak akan masuk surgalah kita. Ke tiga dan yang terakhir adalah sebaik-baiknya makhluk atau manusia adalah bukan dia yang paling senior, bukan juga dia yang paling junior, melainkan dia yang paling bertakwa kepada Allah swt.

Takwa berarti menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah swt.. Menghormati sesama manusia, bahkan menghormati yang katanya diaangap keluarga, tentu saja merupakan perbuatan mulia dan merupakan perintah Allah swt.. Maka dari itu, perlu dicermati juga bahwa jangan sampai kita melaksanakan perintah Allah swt dengan cara yang dilarang Allah swt karena ya itu tadi, takwa bukan hanya sekedar menjalankan perintah, tapi juga menjauhi larangannya (satu paket). Hormatilah dan bimbinglah keluarga baru kalian itu dengan cara yang Allah swt. ridha. Semoga Allah swt. selalu melindungi para panitia dan peserta Ospek  (PMB/Mabim) di Indonesia, Kanada, Afghanistan, Banglades, Pantai Gading, Amerika, Jepang dan negara-negara lain. Semoga kita semua senantiasa mendapat hidayah-Nya.

Wallahu a’lam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s