Edit Foto Wajah dan Tanda Palsu

tanda

Alasan Kenapa Ngedit Selfie Sampe Beda Dari Wajah Asli Adalah Perilaku yang Enggak Banget!

Tentang ngedit muka make aplikasi mutakhir, biar lebih ilmiah, saya kutip Pak Yasraf aja kali ya dari buku beliau yg berjudul Semiotika dan Hipersemiotika.

“Semiotika mengenal pula tanda palsu (psuedo sign), yaitu tanda yang bersifat tidak tulen, tiruan, berpretensi, gadungan, yang dalam proses pertandaannya, ia menciptakan semacam reduksionisme realitas lewat reduksi penanda atau reduksi petanda. Penanda berpretensi seperti sebenarnya (asli), padahal palsu; penanda berpretensi menjelaskan sebuah realitas, padahal menyembunyikannya. Tanda dikatakan juga palsu ketika ia (yang bersifat parsial) digunakan untuk menyembunyikan realitas (yang total).

Penanda palsu menghasilkan konotasi palsu (psuedo connotation). Artinya, ketika materialitas tanda atau penanda dibangun oleh elemen-elemen yang mengandung kepura-puraan, seakan-akan, ditambah dengan elemen-elemen menipu, maka yang kita hadapi adalah penanda yang tidak asli. Mungkin sebagian penanda adalah asli. Akan tetapi ketika penanda asli itu digabungkan dengan penanda palsu, maka kedua-duanya membangun kepalsuan. Penanda palsu hanya akan menggiring kepada makna atau konotasi palsu.”

Jadi, berdasarkan penuturan Pak Yasraf, dapat saya pahami bahwa mengedit wajah memakai teknologi kekinian yang sedang ngetren ini adalah sebuah tindak menciptakan tanda yang palsu. Menciptakan kepalsuan. Bahkan, hanya sekedar mengganti “filter” fotopun bagi saya sama saja. Ketika sudah diedit, foto tersebut bukan lagi sebuah refleksi dari realitas (reflection of a basic reality). Foto tersebut sudah menjadi sebuah tanda dari dunia hiper realitas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s