Pujian dan Celaan

Al-Faqih Muhammad bin Abdurrahman Mazru’ ra. bertanya, “Mengapa seorang senang kepada orang yang memujinya walaupun pujian itu tidak ada pada dirinya, dan membenci seseorang yang mencelanya walaupun celaannya itu ia yakini ada pada dirinya?”

Beliau menjawab, “Ketahuilah, hal itu sudah ada dalam tabiat manusia. Seseorang tidak dapat selamat darinya melainkan yang telah keluar dari sifat kemanusiaab dan bergabung dengan malaikat. Cara sampai kepada hal tersebut telah disebutkan dalam jawaban pertanyaan nomor satu, dan cara selamat dari hal itu menurut para mukhlishin (orang-orang yang ikhlas) adalah dengan menyamakan antara pujian dan celaan, dan antara orang yang memuji dan orang yang mencela.

Adapun ketidaksukaan terhadap celaan dan kesenangan terhadap pujian terkadang menjadi hal yg mubah (boleh), bisa juga menjadi haram tergantung sumber yang menyebabkan ia menyenangi pujian dan membenci celaan itu.

Seseorang yang senang dengan pujian karena hal itu menunjukkan bahwa ia mempunyai pangkat di sisi orang yang memujinya. Membenci celaan karena menunjukan ia tidak mempunyai kedudukan di sisi orang yang mencelanya. Maka, orang ini terhijab, tidak sempurna penghadapannya secara khusus.

Terkadang seseorang menyenangi pujian dan membenci celaan, dari sisi karena lisan manusia adalah pena Allah dan dari sisi Allah telah menampakkan yang bagus dan menutup yang buruk. Suatu pujian terjadi jika tampak kebaikan seseorang. Dan orang tersebut senang kebaikannya disebut karena berharap Allah akan memperlakukannya seperti itu. Begitu pula suatu celaan terjadi jika tampak keburukan seseorang. Dan orang tersebut merasa sedih karena takut Allah akan memperlakukannya seperti itu di akhirat kelak. Mendalami masalah ini akan membuat pembahasan menjadi panjang. Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya telah menjelaskan panjang-lebar masalah ini dalam pembahasan Zammu al- Jah wa al-Riya.

Dikutip dari buku Guru Sufi Menjawab karya Allamah Sayyid Abdullah bin Alwi Al-Haddad halaman 19-21.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s