Batu Akik dan Buku Bacaan

fkh

Abis nonton teater greyhound yang seru di psbj saya nyengajain ke pameran batu akik di Jatos. Ke sana karena penasaran, pengen ngerti fenomena yang lagi nge-hit itu. Bener aja, ternyata pengunjungnya rame; dari mulai anak SMP sampai orang tua yang umurnya 60an semuanya ada. Ga hanya yang laki-laki, yang perempuan juga ada. Ternyata ga sedikit juga ibu2 yang suka beli batu akik. Saya di sana kurang lebih satu jam. Ikutan tanya-tanya juga. Dari batu kalimaya dari Banten sampai batu rafles dari bengkulu semuanya ada. Ada yang dijual udah jadi, ada juga yang masih dalam bentuk potongan kecil, bahkan masih dalam bentuk bongkahan batu. Harganya macem-macem, mulai dari yang 25 ribu, sampai yg puluhan juta;semuanya tinggal pilih. Batunya memang ada yang bagus, menarik, tapi untuk membelinya saya gak minat. Saya ga nemuin motif untuk beli batu akik, dan sayapun heran sama yang beli “ngapain ya kok pada mau-maunya beli yang begituan… hobi mungkin ya…” Dalam waktu dekat pun Jatos bakal ngadain pameran batu akik lagi, yang tadinya sekarang cuma sekitar dua puluh lapak, nanti mau ngadain buat yang 60 lapak katanya, yang tentunya akan menarik jauh lebih banyak pengunjung. How can this be very seductive?

Setelah merasa cukup, tadinya saya mau langsung pulang. Jalan jalan jalan eh ternyata nyasar ke tisera. Toko buku tisera pengunjungnya tidak seramai pameran batu akik meskipun secara rutin mereka ngadain diskon buku dari yang jadi 5rban sampai 40 rban ada. Karena pabalatak ditumpuk2, banyak yang keliatannya memang tidak menarik, tapi yang menarik tentu aja ada. Asal jeli dan mau ngubek-ngubek tumpukannya aja, pasti ada satu dua yang menarik. Kaya misalkan ada buku Fiqh Minoritas dari mufti mesir Yusuf Qardhawi, yg aslinya seharga 35rb, dijual cuma 15rb (yg saya liat juga minggu yg lalu dan masih belum laku-laku). Juga ada buku terbitan gramedia yg aslinya 70rb dan 60rb, dijual cuma 35 dan 30rb. Akhirnya saya ke kasir, bayar dua buku gramedia itu, terus baru mikir “Kan tadi ke Jatos niatnya buat liat pameran batu akik, lah kok ini jadi beli buku?”

Saya jadi ngeh ternyata saya ga jauh beda juga dari mereka yang tergila-gila sama batu akik. Mereka ada yang tidak bisa menolak untuk mencari/membeli batu akik, sayapun ternyata tidak tahan sama buku diskon. Cuma beda objeknya aja, yang satu batu akik, yang satu buku. Jadi, kalau saya yg lebih suka buku tentu bilang kenapa ko mereka mau-maunya beli batu akik, mereka yang lebih suka sama batu akik juga ga salah dong kalau bilang ko ada ya yang mau-maunya beli buku bacaan. Sayapun berpikir, bagusan mana ya antara suka sama buku dengan suka sama batu akik? Setelah saya inget-inget lagi teori tingkat hirarki kebutuhannya Abraham Maslow, ternyata need for aesthetics/beauty itu tingkatan/hirarkinya lebih tinggi daripada knowledge and understanding needs. Jadi, kurang lebih kalau kata Maslow beli batu akik sebagai pemenuh kebutuhan estetis/keindahan itu lebih utama daripada beli buku sebagai pemenuh kebutuhan pengetahuan dan pemahaman. Jadi yasudahlah, ternyata mereka memang lebih logis daripada saya.

Walaupun begitu, sebenarnya mereka rugi loh kalau ke Jatos ga mampir ke tisera. Saya bilang begitu karena tisera sekarang ini lagi ngejual buku yang sangat fenomenal. Gimana engga, judulnya aja “Bocoran Pertanyaan Alam Kubur Plus Kunci Jawaban”. Buset, kurang enak apa coba? Udahmah dikasih bocoran pertanyaannya, dikasih kunci jawabannya pula. Buku ini fenomenal karena pasti akan bikin para malaikat sebel, karena udah susah-susah bikin pertanyaan, eh ini beredar kunci jawabannya. Harganyapun ga mahal-mahal amat, cuma 37ribu lima ratus rupiah. Ga heran buku tersebut ditaruh dalam rak Buku Laris. Tapi plis jangan bilang-bilang sama malaikat penanya di alam kubur ya kalau ada buku kaya beginian. Nanti kan kalau ketauan pertanyaannya bocor, terus mereka bikin pertanyaan yang baru. Kan kasian nanti sama yang udah beli buku dan menghapal isi buku ini kalau pertanyaan yang keluar ternyata beda 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s